Buku Kurikulum 2013 Kelas 2 SD/MI Semester 2 Revisi 2017

buku kurikulum 2013 kelas 2

Pada semester dua ini, di kelas dua Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar, mata pelajaran Tematik Umum terdiri atas empat tema. Keempatnya adalah :

1. Tema 5 (Pengalamanku)

2. Tema 6 (Merawat Hewan dan Tumbuhan)

3. Tema 7 (Kebersamaan)

4, Tema 8 (Keselamatn di Rumah dan Perjalanan)

Masing-masing tema terdiri atas dua buku, Buku Guru dan Buku Siswa.

 

Buku Kurikulum 2013 Kelas 2 SD/MI Semester 2 Revisi 2017


Untuk membantu para guru, siswa, dan orang tua siswa dalam mendapatkan soft copy buku Kurikulum 2013 tersebut,  kami memberikan link download untuk mengunduh Buku Kurtilas Kelas 2 SD/MI Semester 2 Revisi 2017.

Buku-buku Kurikulum 2013 untuk kelas 2 Semester Genap SD dan MI dapat diunduh secara gratis melalui link-link di bawah ini.




Tentang Buku Siswa

  1. Buku Siswa merupakan buku panduan sekaligus buku aktivitas yang akan memudahkan para siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.
  2. Buku Siswa dilengkapi dengan penjelasan lebih rinci tentang isi dan penggunaan buku sebagaimana dituangkan dalam Buku Guru.
  3. Kegiatan pembelajaran yang ada di Buku Siswa, merupakan contoh yang dapat dipilih guru dalam melaksanakan pembelajaran. Guru diharapkan mampu mengembangkan ide-ide kreatif dengan memanfaatkan alternatif-alternatif kegiatan yang ditawarkan di dalam Buku Guru atau mengembangkan ide-ide pembelajaran sendiri.
  4. Pada semester 2 terdapat 4 tema. Tiap tema terdiri atas 3 subtema yang diuraikan ke dalam 6 pembelajaran. Satu pembelajaran dialokasikan untuk 1 hari. Kegiatan pada setiap pembelajaran diarahkan untuk mengasah daya nalar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi.
  5. Tiga subtema yang ada direncanakan selesai dalam jangka waktu 3 minggu. Pada minggu ke-4 diisi dengan kegiatan Proyek dan Literasi ,yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dan kemampuan membaca dan rasa cinta membaca kepada siswa.
  6. Struktur penulisan buku semaksimal mungkin diusahakan memfasilitasi pengalaman belajar bermakna yang diterjemahkan melalui subjudul Ayo Berdiskusi, Ayo Membaca, Ayo Menulis, Ayo Mengamati, Ayo Mencoba, Ayo Berlatih, Ayo Bernyanyi, Ayo Renungkan, dan Kerja Sama dengan Orang Tua.
  7. Buku ini dapat digunakan oleh orang tua secara mandiri untuk mendukung aktivitas belajar siswa di rumah.
  8. Di setiap awal subtema, terdapat lembar untuk orang tua yang berjudul Belajar di Rumah. Halaman ini berisi materi yang akan dipelajari, aktivitas belajar yang dilakukan anak bersama orang tua di rumah, serta saran agar anak dan orang tua bisa belajar dari lingkungan. Orang tua diharapkan berdiskusi dan terlibat dalam aktivitas belajar siswa. Saran-saran untuk kegiatan bersama antara siswa dan orang tua dicantumkan juga pada setiap akhir pembelajaran.
  9. Buku Siswa ini berbasis kegiatan (activity based) sehingga memungkinkan bagi para siswa dan guru untuk melengkapi materi dari berbagai sumber.

Tentang Buku Guru :

Buku ini disusun agar guru mendapat gambaran yang jelas dan rinci dalammela ksanakan kegiatan pembelajaran. Adapun buku ini berisi sebagai berikut.
  1. Jaringan tema yang memberi gambaran kepada guru tentang suatu tema yang melingkupi beberapa kompetensi dasar (KD) dan indikator dari berbagai mata pelajaran.
  2. Kegiatan pembelajaran tematik terpadu untuk menggambarkan kegiatan pembelajaran yang menyatu dan mengalir.
  3. Pengalaman belajar yang bermakna untuk membangun sikap dan perilaku positif, penguasaan konsep, keterampilan berpikir saintifik, berpikir tingkat tinggi, kemampuan menyelesaikan masalah, inkuiri, kreativitas, dan pribadi reflektif.
  4. Berbagai teknik penilaian peserta didik.
  5. Informasi yang menjadi acuan kegiatan remedial dan pengayaan.
  6. Kegiatan interaksi guru dan orang tua yang memberikan kesempatan kepada orang tua, untuk ikut berpartisipasi aktif melalui kegiatan belajar peserta didik di rumah.
  7. Petunjuk penggunaan buku peserta didik.
Kegiatan pembelajaran dalam buku ini, didesain untuk mengembangkan kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) peserta didik melalui aktivitas yang bervariasi sebagai berikut.
  1. Membuka pelajaran yang menarik perhatian peserta didik, seperti membacakan cerita, bertanya jawab, bernyanyi, permainan, demonstrasi, memberikan masalah, dan sebagainya.
  2. Menginformasikan tujuan pembelajaran sehingga peserta didik, dapat mengorganisasi informasi yang disampaikan (apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan dikerjakan).
  3. Memantik pengetahuan peserta didik yang diperoleh sebelumnya, agar peserta didik bisa mengaitkan pengetahuan terdahulu dan yang akan dipelajari.
  4. Pemberian tugas yang bertahap guna membantu peserta didik memahami konsep.
  5. Penugasan yang membutuhkan keterampilan tingkat tinggi.
  6. Pemberian kesempatan untuk melatih keterampilan atau konsep yang telah dipelajari.
  7. Pemberian umpan balik yang akan menguatkan pemahaman peserta didik. 

Baca Juga :

Demikian semoga bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Buku Kurikulum 2013 Kelas 2 SD/MI Semester 2 Revisi 2017"

Post a Comment